Merancang Bisnis Baru di tahun Baru

headline iklan kota

Dengan berjalannya waktu, tidak terasa sebentar lagi tahun 2011 akan segera berlalu. Kita akan segera berpisah (dengan tahun 2011) dan tidak akan pernah bertemu kembali. Sekali waktu berlalu tidak ada satu peluang pun bagi kita untuk bisa mengulangnya lagi.
Akhir tahun seperti ini adalah saat yang penting untuk introspeksi atas prestasi yang sudah kita capai hingga saat ini dan pada saat yang sama berani merencanakan untuk kehidupan yang lebih baik ditahun mendatang. Nah, pertanyaan untuk diri kita adalah, apa yang telah kita capai di tahun 2011 ini dan apa yang telah kita sia-siakan sehingga kita kehilangan kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik?

Ada ungkapan yang mengatakan : “Barangsiapa yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia merupakan orang yang beruntung. Kalau sama saja, Dia adalah orang yang merugi. Kalau lebih buruk, Dia adalah orang yang celaka”. Dari ungkapan itu, termasuk yang manakah kita ? Bahkan jika kondisi kita masih sama saja dengan kemarin, bulan kemarin, tahun kemarin, maka kita termasuk orang yang merugi.

Bagi pembaca yang barangkali ditahun 2011 sudah menjalani suatu usaha, evaluasi menjadi sesuatu yang sangat penting sekali dan bisa menjadi pembuka dari kesuksesan di tahun-tahun setelahnya. Karena yang menjadi salah satu kunci sukses dalam Formula Bisnis Adalah Evaluasi. Laku atau tidak laku, laris manis atau tidak, lakukanlah Evaluasi yang terus menerus, cari tahu dibagian mana yang paling powerfull dan optimalkan, cari tau bagian mana yang salah atau kurang tepat dan perbaiki. Agar Anda bisa TUMBUH, semakin hari semakin baik.

Mungkin sebagian dari anda merasa gembira dengan hasil yang sudah dicapai. Sebagian dari anda mungkin juga belum puas dengan pencapaian bisnis anda. Namun apapun hasilnya, anda sebaiknya tetap bersemangat dan optimis, sembari mengevaluasi hasil bisnis tahun ini dan menyiapkan strategi bisnis ditahun depan. Hal ini menjadi penting, karena dengan mengetahui apa yang telah menjadi penghambat dari usaha yang telah kita jalani, akan jauh lebih mudah memperbaiki dan mencari solusi allternatif agar bisnis kita bisa terus berjalan dan terus berkembang.

Kalau ditahun ini kita sudah punya usaha, sebelum merancang dan merintis usaha baru, tentu konsentrasi dan focus terhadap usaha yang sedang berjalan adalah sangat penting, minimal ada lima hal yang menjadi evaluasi :

  1. Bagaimana kondisi keuangan usaha Anda?
  2. Bagaimana kondisi pasar bisnis Anda?
  3. Bagaimana dengan pasar usaha sasaran?
  4. Bagaimana kemajuan usaha Anda?
  5. Bagaimana tahapan pertumbuhan dan pengembangan usaha Anda?

Jika dari kelima hal diatas sudah mampu anda jabarkan, sudah mengetahui pencapaian keuntungan dan pertumbuhan dari usaha anda saat ini, maka dengan mudah anda bisa memutuskan untuk terus mengembangkan usaha dan memperluas jenis usaha anda selama ini , bahkan anda bisa merancang dan merintis usaha baru di tahun 2012 ini.

Tahun baru, adalah milik kita. Setiap orang berhak untuk memanfaatkan peluang bisnis ditahun 2012 ini, tidak terkecuali bagi anda yang belum sama sekali menyentuh ladang usaha yang selalu terbuka lebar dan menanti sentuhan tangan dan gagasan cemerlang anda.
Sebenarnya begitu banyak peluang bisnis didepan mata kita , sementara saya mengajak anda untuk menutup rapat-rapat segala sesuatu yang menjadi kendala dalam memulai usaha. Mari kita lebih focus untuk melihat segala potensi yang ada disekeliling kita untuk dijadikan sebuah peluang usaha.

Salah satu potensi bisnis yang paling prospektif untuk mengawali tahun baru salah satunya adalah sektor usaha jasa rental mobil yang dipastikan bakal menggeliat saat perayaan tahun baru 2012. Usaha jenis ini diperkirakan akan terus meningkat tidak hanya di awal tahun saja, tapi juga akan terus berjalan mengiringi aktifitas masyarakat yang semakin tingggi. Namun, butuh biaya yang cukup untuk memulai usaha ini, atau bisa juga memanfaatkan mobil yang kita punya untuk sambil lalu dijadikan barang produktif.

Tahun 2012 ini juga merupakan tahun yang bagus untuk industri elektronik dan tehnologi, usaha elektronik memang usaha yang terus berkembang mengiringi perkembangan tehnologi dan elektronik. Bisnis ini bisa dimulai dari modal kecil hingga besar, atau kalo cerdas, bisa tanpa modal (uang sendiri). Ada juga yang bilang bidang kesehatan merupakan usaha yang berprospek cerah. Benar juga, kesehatan makin dibutuhkan. Kesehatan yang kembali ke metode alamiah merupakan peluang bisnis yang menarik dan menguntungkan juga di tahun 2012 ini.

Usaha di bidang makanan/kuliner juga merupakan salah satu potensi yang sangat menjanjikan. Usaha disektor ini bisa dibilang merupakan usaha yang tidak ada matinya, mengingat barang yang kita jual adalah kebutuhan sehari-hari yang terus dikonsumsi masyarakat. Memang usaha ini sudah banyak pemainnya, namun bila kita kreatif, dengan semakin banyaknya pesaing justru akan memicu meningkatkan nilai jual usaha kita.
Di tahun 2012 pengguna internet di Indonesia dan dunia meningkat. Internet pun memasuki desa-desa, bukan hanya di kota atau kabupaten. Ada banyak peluang usaha dari bidang internet ini. Bisa menjual barang atau jasa melalui internet, bisa membuat web dengan iklan google adsense ataupun iklan lokal, bisa juga menjual tulisan, menjual rangking web, menjual belikan domain serta web dan di bidang konsultan online. Bisnis di bidang ini merupakan peluang usaha atau bisnis dengan modal usaha kecil.

Selain itu, peluang bisnis yang juga mempunyai prospek bagus dan menguntungkan adalah di bidang pendidikan, baik formal ataupun informal. Jasa Pelatihan, baik yang bersifat formal ataupun informal, merupakan bidang usaha yang berprospek cerah juga. Bagi anda yang mempunyai keahlian atau pengalaman, bisa menjadi mentor atau tutor atau pembicara. Bagi yang tidak mempunyai hal-hal yang disebutkan di atas, anda bisa di posisi Event Organizer, yang mengadakan acaranya. Bagi yang mempunyai percetakan ataupun usaha di bidang audio rekaman, anda juga bisa memanfaatkannya dengan menyediakan jasa rekaman ataupun cetakan untuk para pembicara, trainer ataupun mentor dan tutor.

Apa yang dicontohkan diatas, hanya sebagian kecil potensi bisnis yang bisa anda manfaatkan. Tentu masing-masing dari pembaca, bisa menemukan lebih banyak ide-ide lain yang barangkali lebih berpotensi untuk dikembangkan untuk menjadi sebuah bisnis baru di tahun baru 2012 ini. Peluang usaha yang bagus dan menguntungkan bisa jadi usaha apa saja, yang penting kita yang menjalankan usahanya. Pelakunya lah yang membuat usaha itu menjadi bagus dan menguntungkan. Ini faktor yang dominan. Karena semua tergantung pelaku usahanya dan sistem yang dijalankannya.

Oleh karena itu, silahkan temukan usaha atau bisnis apa yang cocok bagi anda, apakah yang modal kecil ataupun besar, atau tidak sama sekali, itu bisa tergantung dari keinginan anda.

Terahir, ketika usaha telah anda jalankan. Perhatikan benar-benar perkembangan dan aktifitas dari produk/jasa yang anda jual, karena kesuksesan sebuah produk di pasar tidak bisa terlepas dari peran pentingnya iklan di media massa. Hal ini disamping untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk/jasa yang sedang anda tawarkan, juga akan meningkatkan nilai tambah dari produk itu sendiri. Redaksi Iklan Kota

Iklan
Comments
One Response to “Merancang Bisnis Baru di tahun Baru”
  1. idrus or umbro berkata:

    Sangat setuju sklali tp kadang kala hati ini sering lupa,bagaimana klo biar ttep sllalu inget truss…TRikasih kpda guruku mengaji,ttanggaku dulu dll. KH masud yunus. Sukses sllu… aminnnnn……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: