Sukses, tak Harus di luar Rumah

iklan kota rubrik wanita

Selama ini banyak orang selalu berasumsi bahwa berprofesi menjadi Ibu rumah tangga adalah sesuatu yang tidak membanggakan. Ibu rumah tangga selalu identik dengan seorang wanita yang pekerjaannya hanyalah membereskan rumah dan mengurus anak, serta di akhir bulan menerima jata dari sang suami. Padahal ibu rumah tangga yang merupakan pihak yang selalu dipandang sebelah mata juga bisa berkarya dan berkontribusi baik bagi dirinya sendiri maupun keluarga. Hanya saja membutuhkan kejelian dan kemauan yang keras serta mengetahui peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga.

Bekerja tidak harus di luar rumah. Itulah mindset yang harus diubah oleh para ibu rumah tangga yang merasa minder dengan statusnya sebagai ibu rumah tangga karena dianggap tidak berkontribusi.

Ya, bekerja tidak harus di luar rumah dengan ritme berangkat pagi dan pulang sore dengan memakai seragam. Dimanapun tempatnya yang namanya bekerja tetap saja bekerja, yaitu proses dalam menghasilkan suatu produk atau jasa yang bermanfaat. Dan hal tersebut bisa dilakukan di rumah maupun di luar rumah, tergantung kepentingan masing-masing.

Bagi ibu rumah tangga yang tentu saja memiliki tanggung yawab utama dalam mengurus keluarganya, bekerja bisa dilakukan di rumah ini merupakan peluang usaha rumahan yang tepat.

Banyak peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga sembari mengerjakan tugas-tugas rumah mereka. Peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga tersedia sangant banyak, hanya tergantung ibu ibu rumah tangga itu sendirilah yang menentukannya, apakah mau menggalinya ataukah tidak.

Peluang Usaha Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga Diantaranya Adalah: 

Peluang usaha rumahan dibidang makanan (membuka restoran, warung makan, warteg, atau kafe) : Hal ini sangat mudah dilakukan oleh ibu-ibu di perumahan. Kadang kala di perumahan terdapat keluarga yang suami istri mempunyai profesi di luar rumah. Dan hal tersebut adalah peluang bagi ibu-ibu yang berada di rumah. Dengan kebiasaan memasak, seorang ibu akan mudah untuk mengambil peluang tersebut. Hanya menambah beberapa volume masakan maka akan tercipta depot sederhana. Jika saja dikelolah dengan tepat, terbentuklah depot istimewa dan khas. Mengambil peluang ini Bukan hanya sebagai lahan bisnis tapi ibu-ibu juga dapat membantu keluarga lain yang bekerja di luar rumah. Adanya tetangga yang punya usaha Depot atau Resto meringankan suami istri yang bekerja diluar karena mereka tidak sempat untuk memasak sarapan ataupun makan malam.

Peluang usaha rumahan dibidang konveksi (membuka kursus menjahit, menjadi penjahit, atau membuka butik). Kebutuhan pakaian adalah hal utama. Bisnis Mode selalu berkembang, sehingga ragam busana dan kebutuhan pendukungnya pastilah memberi peluang usaha yang menguntungkan. Kreatifitas dalam merancang busana serta keahlian menjahit menjadi modal utama dalam bisnis ini. Ditambah lagi dengan informasi mode tiap waktu, maka produk yang dihasilkan akan diminati oleh banyak Konsumen. Macam busana bukan hanya untuk kebutuhan Pesta, melainkan untuk kebutuhan resmi pun dapat dibuat. Contohnya adalah menjahit pakaian dinas bapak-bapak dan pakaian sekolah anak-anak. Momen hari raya adalah waktu yang paling menguntungkan untuk bisnis ini. Karena pada waktu tersebut banyak keluarga yang membeli atau memesan langsung kebutuhan pakaian yang sesuai dengan keinginan. Sedangkan kita tahu bahwa hari raya tidaklah untuk satu umat, maka peluang untuk bisnis selalu ada ditiap waktu dan ditiap tahun.

Peluang usaha rumahan dibidang komunikasi dan teknologi (membuka warung internet, counter HP, rental komputer, dan jasa servis komputer). Perkembangan teknologi memicu manusia untuk bekerja secara praktis. Alat komunikasi yang tiada batas, seakan menjadikan dunia semakin mudah dijangkau. Nah… untuk hal inilah maka mereka membutuhkan penunjang aktivitas teknologi yang dipakai. Salah satunya adalah pulsa untuk telekomunikasi dan internet. Hampir disetiap rumah pastilah ada Handphone (HP) sebagai alat komunikasi bisnis, dan kebutuhan komunikasi lainnya. Sehingga membuka peluang besar untuk ibu rumah tangga yang mungkin mempunyai simpanan uang yang belum terpakai. Bisnis jual pulsa tidaklah membutuhkan modal yang terlalu besar, tapi keuntungannya dapat langsung dinikmati. Jika bisnis yang ringan ini dikembangkan maka akan terbentuk sebuah gerai telekomunikasi yang besar. Semua kebutuhan telekomunikasi ada di dalamnya. Dan fakta tersebut sudah ada di tiap kota.

Sama halnya dengan komputer dan internet. Perkembangan usaha dibidang ini terus pesat. Hal ini dikarenakan teknologi tidak pernah berjalan mundur, melainkan selalu muncul penemuan baru dan lebih modern. Era perkembangan teknologi menjadikan peluang bisnis ini tak akan pernah mati. Siapapun pelakunya pasti akan terbuka pasar untuknya. Tapi ada hal harus diperhatikan, bahwa kecepatan perkembangan teknologi tidak boleh dilewatkan. Karena hal tersebut akan mematikan penawaran dan pasar yang dibidik. Dengan memilih bisnis ini kita akan semakin berkembang, baik dibidang materi/ keuntungan usaha dan juga menambah wawasan teknologi yang up to date.

Peluang usaha rumahan di bidang pendidikan (membuka taman kanak-kanak atau pendidikan anak usia dini, membuka bimbingan belajar, atau membuka kursus privat). Bisnis ini merupakan kebutuhan orang tua ditiap perumahan. Karena kesibukan orang tua di luar rumah, maka mereka membutuhkan lembaga yang mampu mengarahkan anak-anak mereka untuk meraih prestasi yang tinggi. Bisnis ini selain menguntungkan juga memberikan kepuasan tersendiri bagi pelakunya. Karena mereka akan membantu setiap anak untuk menggapai mimpinya. Di sisi bisnis hal ini tidaklah bisa dipandang remeh, kerena banyak orang tua ingin anaknya menjadi pintar tanpa memandang harga yang ditawarkan. Tinggal bagaimana kita mengembangkan teknik pengajaran yang mudah diterima oleh anak-anak dan bagaimana pelayanan administrasi yang mudah dimengerti oleh orang tua mereka.

Peluang usaha rumahan dibidang transportasi (membuka travel dan agen perjalanan, membuka penyewaan mobil, dan sejenisnya). Jika diperhatikan bisnis transportasi sulit dilakukan oleh ibu-ibu. Tapi jika dilakukan secara serius dan didukung oleh suami, maka bisnis ini mudah untuk dijalankan. Contohnya adalah jasa transportasi untuk anak-anak diperumahan. Tempat kerja dan tempat sekolah anak yang berbeda, menyulitkan orang tua untuk mengantar dan menjemput pulang mereka. Maka orang tua membutuhkan layanan siap sedia yang mampu mengantar dan menjemput buah hati mereka ke Sekolah.

Peluang usaha rumahan dibidang penulisan (menjadi penulis artikel, penulis skenario, penerjemah, manajer penerbitan indie, dan sejenisnya). Peluang usaha penulisan sangat luas, karena bidang ini tidak dibatasi oleh ruang. Kita hanya melatih bahasa dan kata agar mudah dicerna dan menarik untuk dibaca. Pembelajaran dan usaha penulisan harus didukung dengan kebiasaan olah kata. Sehingga tidak menutup kemungkinan seorang penulis yang terkenal pasti telah menciptakan karya yang tersebar di berbagai media. Puluhan, ratusan bahkan ribuan. Tapi hal tersebut dapat terobati jika sang penulis muncul sebagai pribadi yang dikenal baik di media cetak maupun media elektronik. Karena dengan dikenalnya penulis maka setiap tulisan yang diterbitkan membuahkan keuntungan yang terus mengalir.

Semua peluang usaha rumahan tersebut bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga, tinggal rumahan apakah yang bisa dijalankan dan dipertimbangkan oleh ibu rumah tangga. Bagaimanapun juga ada hal-hal yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan sebelum memulai usaha.

Berikut ini beberapa tips ampuh dalam menjalankan peluang usaha rumahan bagi ibu rumah tangga, yaitu:

1. Melihat kemampuan dan keahlian yang dimiliki
Dalam tips peluang usaha rumahan apakah yang dimiliki oleh ibu rumah tangga tersebut. Misalnya, ibu rumah tangga tersebut adalah orang yang pandai dan berpendidikan tinggi. Maka ia bisa mulai mengerucutkan keinginannya untukl membuka les privat atau mungkin bimbingan belajar.
2. Melihat apa yang dibutuhkan lingkungan sekitar yang belum ada.
Dalam tips peluang usaha rumahan ini selain melihat kemampuan diri sendiri, seorang ibu rumah tangga yang ingin sukses dalam menjalankan peluang busaha rumahan juga harus melihat kondisi disekitar mereka.
Apa yang dibutuhkan oleh lingkungan dan apakah sudah ada yang menyediakannya.
Misalnya, lingkungan tersebut banyak serkali anak yang berusia sekolah dan tentu saja dengan padatnya kesibuka orang tua membuat mereka menjadi terabaikan dari segi pendidikan. Inilah peluang usaha rumahan yang bagus bagi ibu rumah tangga untuk memulai usahanya dibidang yang memang ia bisa dan juga dibutuhkan oleh lingkunga.
3. Riset
Dalam tips peluang usaha rumahan ini penelitian atau riset juga diperlukan agar berhasil dalam menjalankan peluang usaha rumahan. Mereka hendaknya melihat apakah disekitar lingkungan mereka ada “kompetitor”.
Bila belum ada, tentu hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri, namun bila sudah ada maka mereka tidak perlu khawatir karena mereka bisa menciptakan jasa yang berbeda dari kompetitornya, dan tentu saja lebih baik serta dengan cara yang positif/ tidak curang.
4. Segera praktekkan
Dalam tips peluang usaha rumahan ini tentu saja bagi ibu rumah tangga yang ingin sukses segera praktekkan tips-tips peluang usaha rumahan yang sudah kami berikan.

Silahkan anda dapatkan panduan yang lebih detail dan profen tentang pelajari JURUS-JURUS AJAIB dalam MEMBANGUN BISNIS DI 2 KUADRAN dengan menggunakan IDE, tenaga dan uang orang lain tanpa mengeluarkan modal besar dari dompet anda sendiri.JK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: