Tahun Baru Momentum Perubahan

Makna Tahun baru bagi sebagian orang adalah adanya perubahan. Karena secara fitrah manusia cenderung menyukai adanya perubahan, manusia cenderung ingin menciptakan sesuatu yang baru, bebeda dengan sebelumnya. Sejak manusia pertama dilahirkan mempunyai prinsip yang sama, yaitu bagaimana hari esok adalah hari yang lebih baik dari hari sebelumnya. Sehingga hari ini adalah hari dimana kita harus pandai berevaluasi diri tentang hari kemaren untuk mendapatkan hari esok yang lebih baik dan sukses.

Perubahan untuk sebagian besar orang adalah sebuah hal yang sangat sulit. Apalagi untuk sebuah perubahan besar biasanya disertai dengan banyaknya perubahan, mulai dari kondisi yang juga berubah, pemikiran juga berubah dan langkah serta prinsip hidup juga berubah.

Dibutuhkan sebuah kekuatan besar untuk membuat perubahan-perubahan dalam perjalanan hidup, misalkan meninggalkan pekerjaan lama untuk memilih pekerjaan baru, ataupun memulai bisnis baru dan pilihan-pilihan besar lainnya yang sulit untuk kita hadapi.

Rasa takut saat mengambil keputusan penting untuk hidup adalah sebuah kewajaran pada setiap manusia, kadang kita bertanya pada diri sendiri “Sudahkah saya membuat / memilih keputusan yang tepat”, meski demikian rasa takut pada diri kita jangan sampai terlalu berlebihan sehingga menjadikan kita lemah dan sulit menentukan keputusan dan pilihan hidup, perasaan berlebihan seperti inilah yang membuat kita berjalan mundur ke belakang.

Hidup adalah serangkaian tebakan, kesalahan-kesalahan dan revisi. Jangan takut untuk membuat keputusan terbaik kita menurut perhitungan dan pertimbangan pengalaman kita sendiri. Kita sering membuat keputusan melalui pengumpulan informasi yang begitu banyak, memang benar bahwa kita harus mendapatkan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan, namun jika kita selalu dan terlalu menunggu jawaban atau informasi akurat untuk keputusan kita, maka akan memakan waktu yang lama.

Dalam upaya menciptakan sebuah perubahan besar dalam hidup kita dibutuhkan keberanian dan rasa percaya diri yang besar juga.

Kadang saat kita membuat keputusan penting, banyak alasan-alasan yang melatar belakangi pengambilan keputusan kita sehingga banyak terjadi penundaan untuk mengambil keputusan penting. Dan ketahuilah kecenderungan yang melandasi alasan-alasan tersebut adalah rasa percaya diri yang rendah. Hargailah diri kita dengan mengucapkan terima kasih atas segala pencapaian-pencapaian yang telah kita raih, baik itu pencapaian kecil maupun besar, karena.dengan menghargai diri kita sendiri, kita akan lebih memiliki percaya diri dan keberanian dalam mengambil setiap keputusan.

Orang yang tangguh untuk sebuah perubahan besar adalah orang yang siap menghadapi segala resiko terburuk. Mereka adalah orang yang menyadari yang terburuk tidak selalu negatif bila kita dapat melihat solusi yang ada di depan. Sebenarnya ketakutan diciptakan oleh diri sendiri, seluruh ketakutan yang membayangi kita selalu ada di kepala kita dan ketakutan itu menjadi kenyataan karena kita benar-benar menganggapnya nyata.

Ada baiknya kita bertanya pada diri kita, apakah kita termasuk orang yang berorientasi kepada hasil? Mungkin kita merasa perfeksionis atau pernah menemui orang yang perfeksionis yang sangat fokus pada hasil terbaik?Jika kita terlalu sibuk dengan hasil, maka kemungkinan besar kita akan keluar menuju tujuan yang lebih besar sehingga sulit untuk melampaui garis akhir karena tolak ukur yang sangat luas. Jika kita tidak sampai pada tujuan akhir kita, bukan berarti Anda gagal. Pastikan kita mengetahui sampai mana tujuan kita, mana yang termasuk ruang lingkup proses kita. Nikmatilah proses yang ada namun tetap tidak lupa dengan tujuan yang kita ingin capai.

Saat kita ingin mengambil perubahan besar dalam hidup kita, maka kita dihadapkan pada kesempatan besar yang menantang sehingga terkadang kita khawatir tidak dapat kembali pada kondisi nyaman kita sebelumnya. Cobalah memikirkan kekhawatiran kita dengan cara yang berbeda, banyak pilihan-pilihan yang akan membuka jalan kita untuk kesempatan yang lebih baik. Tumbuhkan pada diri kita bahwa inilah kesempatan emas, inilah kesempatan terbesar yang menguntungkan !, dengan kesadaran ini semangat untuk meraih kesempatan yang lebih besar akan timbul dan membawa kesempatan lain yang lebih baik dan tak pernah terduga sebelumnya. Berani meraih kesempatan, maka kesempatan yang lebih baik akan datang pada kita.

Untuk memaksimalkan potensi perubahan , sebaiknya mulailah dari sesuatu yang dapat kita kelola. Karier, keluarga, hubungan antar sesama, bahkan hubungan dengan Alloh SWT adalah aspek kehidupan yang dapat kita tingkatkan setiap waktu dan dapat menjadikan kita pribadi yang luar biasa. Tujuan setinggi apapun dapat kita raih, perubahan diri menjadi pribadi yang lebih baik dapat kita raih, namun kita tidak dapat mendaki gunung yang tinggi tanpa mencoba mendaki sebelumnya. Kita tidak perlu menjadi superhero untuk membuat perubahan yang signifikan, namun kita cukup mengubah diri kita melalui perubahan-perubahan kecil dalam diri kita yang membuat kita mengalami peningkatan dalam berbagai dimensi kehidupan.

Hal yang harus kita yakini, meskipun ini bisa diterima atau tidak oleh beberapa kalangan tertentu terkait pemahaman yang diyakininya, namun sejarah perjalanan kisah-kisah sukses manusia dan peradabannya setidaknya menjadi bukti yaitu bahwa perubahan yang paling mendasar dan mendorong tumbuhnya sebuah kebangkitan besar manusia adalah perubahan dari sebuah kesadaran ideologis, kesadaran inilah yang membentuk prinsip kita beragama. Sehingga setiap langkah yang menjadi pilihan kita atas dasar prinsip ini akan menjadikan kita pejuang yang tangguh dalam meraih cita-cita perubahan. Perubahan atas dasar inilah yang disebut perubahan yang mengakar kuat, perubahan yang memiliki fondasi kuat. Hanya saja dalam keyakinan kita memahami juga bahwa setiap langkah yang kita torehkan kelak akan dipertanggung jawabkan kepada Sang Penguasa Perubahan, sehingga hanya dengan dasar ideologi yang shahih sajalah tentunya yang akan melahirkan langkah-langkah yang pasti kebenarannya.

Harus disadari bahwa kegagalan terjadi pada semua orang dan yang membedakan kegagalan sebagai suatu kegagalan sejati atau hanya kesuksesan yang tertunda adalah semangat kita untuk terus berjuang meraih apa yang kita inginkan. Selamat mewujudkan perubahan di tahun 2013 !
Redaksi Iklan Kota.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: