Menciptakan Inspirasi Bisnis

Inpirasi bisnis adalah hal yang sedang menjadi incaran banyak orang. Karena mereka sangat mendambakan memiliki usaha yang mampu membawanya menjadi wirausaha yang sukses dan mampu menghidupi keluarganya lebih dari cukup. Bahkan dari usaha sendiri itu tidak mustahil anda dapat menentukan sendiri besar gaji anda, Menggiurkan bukan ?.

Namun permasalahannya kini masih banyak yang tidak mengetahui cara praktis menemukan ide atau inspirasi bisnis tersebut.

Inspirasi bisnis merupakan hal yang melatar belakangi munculnya ide bisnis. Hal-hal yang sepele dan tidak disengaja sekalipun bisa menjadi inspirasi bisnis yang akan melahirkan ide-ide bisnis besar dan inovatif. Inspirasi tidak harus ditunggu, namun juga bisa dicari asal kan punya niat dan keinginan. Inspirasi bisnis juga terkadang muncul dari beragam keadaan dan kondisi. Tak selamanya anda duduk, diam dan mencari inspirasi itu datang begitu saja.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan bila anda butuh inspirasi untuk berbisnis:

Pertama, Perhatikan lingkungan di sekitar tempat tinggal anda, perhatikan dan amatilah apa yang sering menjadi kebutuhan orang namun kebutuhan tersebut tidak terpenuhi secara baik atau maksimal. Inilah salah satu inspirasi bisnis yang cukup baik, mengamati dan melakukan survey. Inspirasi bisnis itu bisa muncul setelah anda mengamati dan memperhatikan.

Terkadang dalam melihat lingkungan sekitar atau bahkan pada taraf menganalisa kebutuhan bagi banyak orang tetaplah merupakan pekerjaan tidak mudah. Mereka masih menanyakan darimana dan bagaimana memulai langkah pertama ini, kondisi ini harus dimaklumi karena kebanyakan masyarakat kita lebih banyak tidak terlahir dari lingkungan bisnis. Sebetulnya cara terpraktis bagi anda adalah dengan membaca Iklan Kota. Puluhan jenis bisnis yang mungkin siap menginspirasi lengkap ada di dalamnya. Jenis-jenis bisnis yang mungkin selama ini belum pernah anda ketahui bahkan belum anda kenal pun bisa anda temui di Iklan Kota. Mungkin anda akan mengatakan ternyata geliat bisnis di Mojokerto, Jombang, Gresik sudah luar biasa, dan andapun akan berkata lagi “mana bagian saya sekarang?”.

Dari sinilah tahap analisa anda mulai, dari sekian banyak bisnis yang ditampilkan di Iklan Kota, manakah kira-kira bisnis yang menurut anda sangat dibutuhkan dan belum banyak pemainnya. Kemudian apakah anda menyukai atau punya hobi di bidang bisnis yang sedang anda lirik, apabila anda punya bakat di bisnis yang anda lirik ini, tentunya akan memberikan kekuatan tersendiri bisnis ini akan berjalan hebat. Kemudian analisa selanjutnya seberapa besar kompetitor sudah bermain di bidang ini, logikanya semakin banyak kompetitor berarti semakin sempit ruang kita bergerak, karena di sana-sini sudah banyak pemain di bidang yang sama dengan kelebihan dan keunggulan masing-masing. Saya coba mencontohkan bisnis Bimbingan Belajar atau LBB, seberapapun banyak pemain di sektor bisnis ini bukan berarti tertutup peluang bagi kita berbisnis yang sama. Cobalah carilah sisi positif dan kelebihan kompetitor anda, dan apa yang belum bisa mereka penuhi sementara konsumen (siswa/wali murid) sangat membutuhkan, keunggulan apa yang belum mereka ciptakan. Maka inilah yang harus anda wujudkan !, LBB atau Bimbel meskipun banyak jumlahnya namun anda berani tampil dengan pelayanan dan keunggulan yang khas dan berbeda. Selanjutnya siapkan dana untuk sebuah publisasi usaha anda secara masif dan aktif, Iklan Kota menjadi pilihan terbaik untuk itu!.

Kedua, Ada sebuah ungkapan dari seorang entrepreneur sukses yaitu Purdi E Chandra, Dirut Yayasan Primagama , beliau mengatakan untuk jadi seorang pebisnis sejati, tidak perlu IP tinggi, ijazah, apalagi modal uang. Menurutnya, kemampuan otak kanan yang kreatif dan inovatif saja sudah memadai. Banyak orang ragu berbisnis cuma gara-gara terlalu pintar. Sebaliknya, orang yang oleh guru-guru formal dianggap bodoh karena nilainya jelek, justru melejit jadi wirausahawan sukses. Bagi kita apa yang disampaikan Purdi E Chandra adalah sebuah motivasi besar untuk kita yakin membangun sebuah bisnis besar.

Inspirasi bisnis banyak muncul juga setelah memperhatikan kisah-kisah kesuksesan para pebisnis besar. Adakalanya inspirasi bisnis itu akan muncul setelah kita menyaksikan keberhasilan orang lain dalam merintis karir. Mendengarkan kisah para pengusaha sukses dari mulai awal mereka merintis karir, suka duka dan masa-masa sulit mereka dalam mengembangkan bisnis.

Dalam beberapa edisi Iklan Kota secara konsisten menampilkan profil tokoh-tokoh sukses, baik itu dari kalangan birokrasi maupun pebisnis. Dan menariknya tokoh-tokoh tersebut adalah orang sukses yang tidak jauh dari kita jaraknya, mereka adalah orang sukses dari Mojokerto dan Jombang. Tentu saja ini adalah sebuah komitmen Iklan Kota di dalam rangka membangun , menggerakkan dan memotivasi anda menjadi pebisnis hebat.

Ketiga, Mengembangkan inspirasi bisnis menjadi ide bisnis merupakan hal yang cukup menentukan untuk keberhasilan sebuah usaha bisnis. Jika hanya memperoleh inspirasi bisnis tanpa dikembangkan menjadi ide bisnis yang kemudian diwujudkan dalam bentuk usaha bisnis nyata, maka sama saja inpirasi itu sia-sia. Seberapa banyak inspirasi hebat hanya sekedar inspirasi saja, tanpa ada wujud nyata, dan seberapa banyak juga ditemui pada perjalanannnya inspirasi yang kita gagas justru wujud nyatanya ada pada orang lain hanya dikarenakan kita lemah dan lambat bergerak. Inspirasi memberi spirit dan dorongan seseorang untuk melakukan sesuatu hal. Perbanyaklah mencari inspirasi karena inspirasi merupakan bagian dari motivasi. Artikel dan rubrik-rubrik-rubrik bisnis di Iklan kota senantiasa menjadi motor penggerak agar inspirasi-inspirasi teka sekedar menjadi mimpi.

Keempat, kajilah secara lebih dalam manfaat dan keuntungan apa yang akan anda peroleh jika anda berbisnis. Apa kelebihan sebuah wirausaha dibanding dengan usaha pekerjaan lainnya. Pengetahuan anda tentang kehebatan sesuatu biasanya akan mendorong diri untuk melakukan sesuatu tersebut, dan keinginan untuk melakukan sesuatu tersebut akan membuat diri anda berupaya maksimal untuk menemukan inspirasi dan ide terhadap sesuatu tersebut. Lakukan mulai sekarang, InsyaAlloh anda Bisa!.

Redaksi Iklan Kota.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: