Iklan Kota Bersama Laju Bisnis Daerah

Sejak Tahun 2010 Jawa Timur menjadi propinsi dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dan stabilitas inflasi yang mantap. Minat investor baik didalam maupun luar negreri seakan mengalir tak terbendung. Wilayah emas yang di tuju adalah Tuban, Gresik, dan Mojokerto, termasuk juga Jombang, perkembangan kabupaten–kabupaten ini cukup pesat di bidang infrastruktur dan perdagangan.
Diantara kabupaten tersebut, Gresik dan Mojokerto mengalami perkembangan laju industri yang cukup signifikan, kemudahan akses jalan baik darat maupun laut agaknya menjadi pertimbangan utama. Selain itu, tenaga kerja trampil cukup mudah diperoleh karena memang kawasan industri strategis sejak puluhan tahun. Iklim dan kebijakan investasi membuat para investor semakin nyaman dalam berbisnis.
Semakin tingginya daya beli masyarakat daerah, berefek positif terhadap perkembangan dunia usaha dan bisnis lokal. Hal ini terlihat semakin menjamurnya pelaku usaha dalam berbagai sektor yang turut meramaikan aktifitas ekonomi di Mojokerto, Gresik dan Jombang.
Realitas inilah yang menuntut media bisnis promosi Iklan Kota hadir mengimbangan kebutuhan bisnis lokal. Iklan Kota senantiasa berperan menjadi partner sekaligus mediasi dari luarbiasanya perkembangan itu. Iklan Kota dituntut harus mampu membaca sisi-sisi mana saja yang menduduki  prioritas  perkembangan bisnis yang lebih kuat, dan sektor apa saja yang cenderung masih melemah, sehingga  Iklan kota ada di tengah-tengah trend balance perkembangan bisnis  di daerah. Hasilnya diharapkan  membuat pelaku usaha tertantang untuk membangun usaha dan bisnis baru.  Diharapkan pula bermunculan di tiga daerah ini banyak pelaku-pelaku bisnis baru bermain di berbagai bidang pasar konsumen. Bisnis-bisnis yang sebelumnya tidak berkembang, kini menjadi ladang emas untuk berusaha. Sehingga  semua sektor usaha mengalami peningkatan yang cukup tinggi.
Salah satunya yang paling banyak berkembang secara dominan adalah sektor telekomunikasi. Sektor telekomunikasi bisa berkembang pesat karena kemajuan teknologi global khususnya di bidang handphone dan internet. Pelaku bisnis beramai-ramai berusaha di sektor ini karena minat masyarakat pada handphone sangat tinggi.
Bisnis lain yang berkembang pesat pada periode beberapa tahun terahir di tiga daerah ini, adalah bisnis properti terutama di kota Gresik dan sekitarnya. Ketika di Surabaya sudah sulit sekali ditemukan lahan kosong untuk pengembangan pemukiman, juga wilayah Sidoarjo yang masih belum pulih dari dampak lumpur Lapindo, kini para pengembang mulai lari dan mengkonsentrasikan ke wilayah barat. Mojokerto dan Gresik adalah lokasi strategis yang sangat diminati oleh para investor di bidang property. Hal ini terlihat dengan semakin tumbuh kembangnya perumahan-perumahan dan ruko di sekitar kota/ kabupaten ini. Bahkan saking banyaknya perumahan yang dibangun, masing-masing developer harus berlomba-lomba untuk menarik konsumen dengan peningkatan kualitas produk dan strategi pemasaran masing-masing. Hingga saat ini, pelaku usaha di bidang property, meyakini usaha di sektor ini masih akan terus prospektif di Mojokerto, Gresik dan sekitar.
Bidang usaha yang mengalami lonjakan adalah usaha Kuliner. Khusus Mojokerto yang masuk dalam Jalur antar Propinsi. Hal itu menjadi keuntungan bagi para pebisnis kuliner di jalan besar tersebut. Karena banyaknya pengunjung dari berbagai kota yang singgah untuk beristirahat dan menikmati hidangan khas kota yang dilaluinya. Ditambah lagi Mojokerto mempunyai banyak Obyek Wisata Nasional, sehingga pasti banyak pengunjung dari luar kota yang ingin berwisata dan menikmati Kuliner khas yang ada di kota Onde-onde ini. Mencari oleh-oleh untuk keluarga di rumah maupun tetangga, merupakan aktivitas wajib bagi wisatawan. Berbagai jajanan khas di kota Mojokerto seperti Onde-onde dan kerupuk Rambak menjadi pilihan tepat bagi pebisnis yang ingin meraup keuntungan dari bidang Wisata dan Kuliner.
Ekspansivitas usaha ritel diberbagai daerah semakin menjadi-jadi dan makin tidak dapat terbendung, terutama di Gresik, kini bertebaran di jalan-jalan baik kota atau daerah, yang kini menjadi tantangan bagi para peritel lokal. Ke­mam­puan menguasai pangsa pasar oleh para peritel lokal saat ini akan benar-benar diuji ketika masuknya peritel raksasa seperti Indomart dan Alfamart. Dalam kaitan ini pemerintah kota/kabupaten harus turut membantu untuk memberi ruang gerak pada pelaku usaha lokal. Melakukan peng­genjotan per­tumbuhan peritel lokal dengan memberikan stimulus kebijakan dan regulasi agar tidak ada yang dirugikan.
Dari berbagai macam usaha tersebut, tentunya tidak terlepas dari upaya pelaku usaha agar apa yang mereka usahakan (barang dan jasa) bisa tersentuh langsung kepada konsumen. Strategi pemasaran menjadi sangat penting mengingat persaingan usaha kini tidak lagi monoton terhadap barang yang akan di jual, tetapi bagaimana caranya agar barang tersebut tersampaikan kepada konsumen. Untuk itu pemanfaatan iklan sangat membantu terhadap daya beli masayarakat.
Peran publikasi produk dan usaha selalu berbanding lurus dengan perkembangan usaha. Semakin besar publikasi yang dilakukan maka semakin besar dan berkembang usaha yang dijalankan. Jika pada umumnya para pelaku usaha hanya menunggu bola, maka dengan strategi publikasi para pebisnis dapat dikatakan menjemput bola. Persaingan usaha yang semakin tinggi, memerlukan setrategi promosi yang hebat. Salah satunya adalah memanfaatkan fungsi Iklan secara maksimal. Yaitu memasang iklan di Media Iklan yang terpercaya dan tersebar secara Gratis.
Oleh karena itu semakin tinggi animo Bisnis di sebuah Kota, maka semakin dibutuhkannya Media Iklan yang membantu pebisnis untuk mempromosikan produknya. Dan membatu Konsumen sebagai panduan belanja dalam memenuhi kebutuhannya. Iklan Kota adalah pilihan tepat sebagai mitra usaha dan referensi belanja.  Redaksi Iklan Kota.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: