Bisnis Online: Potensi Usaha Menggiurkan bagi Ibu Rumah Tangga

bisnis online iklan kota

Dari hari ke hari harga kebutuhan pokok semakin meningkat. Hal ini tak jarang membuat para ibu kuatir, jika tak mampu mengelola uang belanjanya karena gaji suami tak kunjung naik. Kekuatiran ini, membuat kebingungan para ibu untuk mencari penghasilan tambahan. Berbagai upaya pun mereka lakukan, agar kebutuhan-kebutuhan mereka bisa terpenuhi. Salah satunya dengan membantu suami mencari penghasilan lain dengan bekerja di luar rumah. Tak jarang juga, karena kondisi lapangan kerja yang sempit dan tak adanya keahlian dari para ibu, mereka memilih untuk berhutang kesana-kemari. Yang penting mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

Upaya-upaya di atas, tentulah bukan merupakan solusi terbaik. Memang kebutuhan mereka akan terpenuhi, tapi dalam jangka panjang banyak kerugian yang akan timbul. Mulai dari kurangnya perhatian orang tua terhadap proses tumbuh kembangnya anak, sehingga anak-anak lebih banyak mendapat pendidikan dilingkungan luar yang jauh dari keluarga, selain itu timbulnya hutang juga akan semakin membebani ekonomi keluarga serta menyisakan masalah baru.

Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi. Maka para ibu dituntut untuk cerdas mencari solusi. Bagaimana agar kebutuhan-kebutuhan bisa terpenuhi, tapi disisi lain keajiban mereka sebagai istri dan ibu tetap bisa dilaksanakan , dan porsi untuk bertemu dan mendidik anak lebih banyak serta solusi yang mereka ambil tidak menyisakan masalah baru. Banyak sebenarnya usaha yang bisa mereka lakukan. Salah satunya adalah usaha bisnis online.

Akhir-akhir ini, bisnis online memang sedang dilirik oleh banyak orang, khususnya para ibu rumah tangga. Selain karena aktivitasnya yang tidak perlu membuat mereka keluar rumah, ternyata usaha ini juga menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Namun, meskipun banyak menghasilkan keuntungan, usaha yang dilakukan dengan menawarkan barang atau jasa kepada konsumen leat internet ini, bukan berarti tanpa resiko. Oleh karenanya, disini penulis ingin memberikan tips bagaimana berbisnis online yang baik, keuntungan mengalir, resiko kecil;

  1. Carilah tahu, barang atau jasa yang saat ini sedang banyak dibutuhkan/ diminati oleh para konsumen.
  2. Jalin kerjasama dengan produsen barang/ jasa yang anda tawarkan kepada konsumen dengan kesepakatan yang baik (misal; bagaimana bagi hasilnya, barang bisa kembali dalam jangka waktu tertentu, jika tidak laku, dll). Jika anda mampu, tidak ada salahnya jika anda berperan sebagai produsen sekaligus.
  3. Lakukan promosi dengan menarik dan gencar.
    • Buatlah web atau blog yang menarik untuk menawarkan usaha kepada calon konsumen
    • Berdayakan berbagai macam jejaring sosial yang ada untuk menawarkan usha anda.
    • Up date secara berkala promosi usaha anda, baik yang ada di web, blog maupun jejaring sosial
    • Jika perlu lakukan penawaran-penawaran menarik, misal: pemberian diskon, bonus gratisan, hadiah, dll.
  4. Buatlah kerjasama dengan jasa pengiriman yang sudah terbukti cepat, baik dan murah. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan bisa memperoleh jasa pengiriman yang lebih murah dari biasanya sehingga akan mampu menarik minat konsumen.
  5. Untuk menghindari resiko penipuan, sebisa mungkin tidak menampilkan nomor rekening pada khalayak umum. Nomor rekening diberikan kepada konsumen, jika memang mereka sudah berniat membeli barang/ jasa yang anda tawarkan. Mintalah data diri calon pembeli dengan jelas, selain untuk menghindari resiko penipuan. Hal ini juga mempermudah anda untuk mengirimkan barang.
  6. Jujur: Kejujuran adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan dalam bisnis online. Kejujuran, baik terkait kondisi barang/ jasa yang kita tawarkan dan cara kita menawarkan akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis ini.

Dengan cara-cara di atas, diharapkan para ibu sukses dengan usaha bisnis onlinenya. Selamat mencoba! ZA/IK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: